Memahami Gelombang Radio sebagai Media Penyalur Data


  1. Frekuensi dan Panjang Gelombang
  2. Teknik Pemodulasian AM, FM
  3. Teknik Pemodulasian PM, FSK
  4. Teknik Pemodulasian PSK, CDMA

  • Frekuensi dan Panjang Gelombang

Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Misalkan untuk mencapai suatu jarak tertentu, semakin panjang gelombang, semakin rendah frekuensinya.  

Panjang gelombang (λ) merupakan jarak yang ditempuh gelombang dalam 1 periode. Atau besarnya jarak satu bukit satu lembah. 
  • Teknik Pemodulasian AM, FM
      >>Amplitudo Modulation

 
Amplitude Modulatian (AM) adalah dimana amplitude dari sinyal pembawa (carrier) dengan merubah karakteristiknya sesuai dengan amplitude sinyal informasi. AM sebagai pembawa sinyal informasi sehingga amplitde gelombang membawa perubahan simpangan( tegangan) sinyal informasi.
 
>>Frequency Modulation
 
 
Frequency Modulation (FM) sebagai pembawa gelombang sinyal, sehingga frekuensi gelombang dirubah sesuai dengan perubahan simpangan(tegangan) gelombang sinyal. FM adalah salah satu cara memodifikasi/merubah sinyal untuk memungkinkan membawa dan mentransmsikan informasi ke tempat tujuan.
 
  •  Teknik Pemodulasian PM, FSK
   >> Phase Modulation
 
   Phase Modulation (PM) menggunakan perbedaan sudut fase dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital. Pm digunakan dalam penerimaan data dalam jumlah yang banyak dan kecepatan yang tinggi. Pada kelebihan dan kekurangan phase modulation (pm) terletak pada potensi noise (gangguan atmosfir) dan bentuk modulasinya.
 
 
 
 >>Frequency Shift Keying 
 
  Frekuensi shift keying (FSK) adalah suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Frekuensi gelombang pembawa berubah - ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi digital. Dalam proses ini gelombang pembawa digeser ke atas dan ke bawah untuk memperoleh bit 1 dan bit 0.
 
  • Teknik Pemodulasian PSK, CDMA
    >>Phase Shift Keying
 
  Phase Shift Keying (PSK) di gunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan fase. Phase shift keying merupakan skema modulasi digital modulation yang mmberi data dengan mengubah atau memodulasi fase sinyal referensi ( gelombang kerier). Fase di ubah mewakili sinyal data. 
 
 Ada dua cara dasar menggunakan fase sinyal :
- fase itu sendiri sebagai pengubah informasi, dimana demodulator hatus memiliki sinyal referensi untuk membandingkan perlawanan fase dari sinyal yang diterima atau
- Dengan melihat perubahan fase sebagai informasi pengubah skema diferensial.
 
>>Code Division Multiple Access
 
 CDMA (Code Division Multiple Access) menggunakan teknologi spread-spectrum untuk mengedarkan sinyal informasi yang melalui bandwith yang lebar (1,25 MHz). CDMA juga merupakan sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian). CDMA adalah sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA),  namun cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus. CDMA mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini seperti yang diprakarsai QUALCOMM.
 
 
Terima kasih telah membaca artikel ini dan juga telah mengunjungi blog ini

Sampai jumpa dan jangan lupa kunjungi lagi ya!!!